Makanan Take away dan Cemilan rumah ^^

Udah lama banget ga ngeblog ni >.<; beberapa minggu kemaren ada banyak kejadian. hehe Kali ini aku akan membahas tentang makanan yang aku makan di rumah, dari cemilan ala rumah juga makanan atau snack yang beli di luar tapi makannya di rumah :p

1. Dodol China Goreng



Setiap imlek pasti selalu beli dodol china dan agak jarang dimakan langsung. Biasanya dodolnya dimasukin ke kulkas dulu, lalu sekitar beberapa lama sampai agak keras, digoreng pakai tepung atau dikukus dan ditaburi kelapa  parut ^0^. Aku lebih suka yang digoreng, entah karena  sudah lama ga makan yang begini atau kebetulan dapat dodolnya yang enak, rasa gorengan ini bikin ketagihan :p

2. Cempedak Goreng 


Cempedak adalah buah yang mirip nangka, tapi memiliki tektur yang lebih legit, susah digigit dan memiliki aromanya sangat menggoda. Makanya kalau makan langsung suka ketelen agak bulat-bulat :p. Aku paling doyan kalau cempedaknya digoreng seperti ini apalagi makannya panas-panas. Rasa tepungnya garing terus ketemu sama rasa cempedak yang manis dan lembut. Waa pokoknya ga bisa berhenti makan. Karena dapat cempedaknya ukuran jumbo jadi mama bikin ini hampir seminggu berturut-turut :p

3. Hunkwe & Buras


Hunkwe dan Buras ini aku dapat dari tanteku yang suka masak ala zaman dulu. Kalau dengar nama buras aku langsung terpikir ayam buras :p. Kata mamaku ini makanan zaman dulu dan papaku doyan sama makanan-makanan jadul ini ^^


Buras sebenarnya seperti lontong yang tidak ada isinya. Tekstur lontongnya lembut dan terasa sekali gurih santan apalagi sebelum masuk kulkas dan dihangatkan lagi ^^. Pendampingnya adalah kelapa sangrai. Rasa kelapa sangrainya garing tapi ga ada rasanya. Percobaan kedua kuberi sedikit garam dan kutaburi bawang goreng :p. 

Kalau Hunkwe, waktu SMA aku suka beli di dekat sekolah tapi bentuknya beda. Kalau ini Hunkwe Cokelat yang dibungkus daun pisang lalu isinya pisang potong. Dibandingkan agar-agar atau gelatin menurutku tekstur Hunkwe itu pas, ada garingnya tapi lembut di mulut. Sayang terlalu manis untukku >.<

4. Chahan ala Tikka ^^ 


Aku terinspirasi dengan resep di salah satu komik jepang yang isinya tentang nasi goreng dan selalu menyelipkan resep yang digunakan dalam komik itu. Lama kelamaan makanan ini jadi makanan yang suka aku buat kalau lagi males masak. Bumbunya simple. Pertama orak arik telur terus dipisahkan dulu. Kedua, tumis daun bawang sampai harum atau berubah warna cerah, masukkan nasi plus telur orak arik. Ketiga masukkan soyu dengan cara mengitarinya di sekeliling kuali agar ada aroma sedikit gosong, aduk-aduk, masukkan katsuo bushi, aduk-aduk, Selesai d ^0^v. (chahan artinya nasi goreng dalam bahasa jepang, katsuo bushi adalah ikan cakalang serut)


Makanan bungkus :p

1. Bakmie golek



Kalau di rumah tiap orang punya kesukaan bakmi masing-masing, mamaku paling ga bisa nolak bakmi gajah mada, aku paling ga bisa nolak  cwi mie (walaupun di keluargaku ga ada yang doyan, aku doyan acar timunnya yang sudah dikuliti dan ga ada bijinya :p) Adeku paling doyan sama bakmie golek karena rasanya itu beragam, ga ngebosenin. Memang sih, isiannya aja banyak, ada tong cai, bawang goreng, seledri, jadi pas dimakan teksturnya macem-macem. Kalau papa, segala mie suka hehe

2. Bubur Ayam


Aku doyan banget sama bubur ayam abang-abang, seperti model di atas. Kalau yang di atas bubur achong namanya. Buburnya ada rasanya dan ga hambar terus toppingnya macem-macem. Kalau makan bubur biasanya ada 2 cara, pertama yang diaduk-aduk sampai ga berbentuk, cara kedua adalah makannya rapi jadi ga diaduk.aduk. Aku tipe orang kedua yang makannya rapi, jadi buburnya masih berasa aslinya, mau hambar atau ga, aku ga masalah, karena semuanya akan tertolong rasa toppingnya ^0^.

Snack

1.Dorayaki




Siapa yang ga kenal sama dorayaki, makanan si doraemon ^^. Sebenernya aku selalu penasaran sama rasa dorayaki itu seperti apa. Dulu pas smp aku pernah coba buat dorayaki tapi ga ada isinya. Aku mengikuti resepnya dengan seksama dan hasilnya bantet, kemanisan dan langsung buat aku sakit gigi. Karena tepung sama gulu takarannya ga jauh beda >.<;. Setelah sekian lama tiba-tiba nemu ini di supermarket Jepang di depan ITC fatmawati, ternyata isinya lumayan banyak yang aneh-aneh, aku berhasil menemukan wakame yg seperti di sushi bar, yang rasanya asem-asem seger. Bentuknya frozen isi 1 kg seharga 150,000 kalau beli di kems chick, cuman sedikit 40.000 aje. kalau ini bisa ampe puas makannya hehe ^^

Balik ke dorayakinya, kalau sekilas mirip sih sama yang di komik, ga seperti yang biasa dijual di mangga dua yang bentuknya seperti pancake tebal disusun 2. Teksturnya lembut banget kayak shifon cake, kuenya sendiri sudah manis dan ringan. isiannya tidak terlalu manis dan ankonya juga tidak dihancurkan sampai lumat, jadi ada gres-gresnya sedikit. Aku beli ini isi 6 seharga 66.000. Mungkin kalau mau nyobain versi asli mesti ke Jepang :p.

2. Beard  Papa Puff


Aku pertama kali mencoba beard papa pas di bandara, jadi nungguin pesawat yang delay lumayan lama, sepupuku beli ini dan kayaknya enak. Di situlah aku pertama kali coba. Puffnya yang garing yang pas dimakan langsung kres lalu isiannya yang creamy dan banyak, pas banget d ^^. Paling enak yang vanilla, karena vanilanya berasa banget, lalu ada bintik-bintik hitam dari vanila bubuknya ^^. Foto di atas aku mencoba yang green tea, rasanya creamy aja dan green teanya kurang begitu terasa, aku lebih suka yang vanilla ^^.Kalau makan ini hidungku suka belepotan sama creamnya, itu keseruannya makan beard papa puff ^^


3. Sereal Milo


Di keluargaku masih suka minum milo dan sekitar beberapa bulan ini setiap beli milo suka dapat sereal milo seperti ini. Isinya ada sereal milo plus susu bubuk Dancow sama sendoknya jadi kalau mau makan tinggal kasih air saja. Porsi sereal ini tidak terlalu banyak dan lumayan mengenyangkan juga kalau sedang ingin nyemil. Caraku makan adalah serealnya ak kasih susu bubuknya sedikit terus aku aduk-aduk. Sisa susu bubuknya aku makan pakai sendok :p. Entah kenapa dari kecil aku suka makan susu bubuk, apalagi merk dancow hehe. Rasanya seru ^^. 

Sekian makanan yang pernah ada di rumahku dan menjadi cemilan atau favorit keluargaku ^^. Apa kamu punya makanan favorit di rumah? ^^

4 komentar:

  1. waaa kita juga penggemar beard papa... emang yang vanilla enak banget... :D

    BalasHapus
  2. bikin lapar aja nich haaha.. duh hunkwe dah lama nyokap enggak bikin, semenjak anak na di jakarta semua ^^

    BalasHapus
  3. Wah bubur ayamnya menggoda banget. My hubby neh yg demen banget ama Milo, sayang banget pas bonyok dan cici gw kesini, Milonya dirampas ama petugas bandara di HongKong dengan alasan gga boleh bawa makanan minuman yg bisa diseduh. Aseli deh kayaknya ama petugasnya dibawa pulang untuk dia. Pdhal cici gw beli tuh Milo di Malaysia.

    BalasHapus
  4. @ om arman: yang vanilla paling top d, emank di sana ada beard papa juga???

    @Pitsu: Namanya juga isinya makanan semua. :p kalau pas nulis langsung teringat kembali rasa makanannya. :p

    @BebyBeluga: Milonya dimasukin ke koper?? baru denger ada peraturan ga boleh bawa makanan atau minuman yang diseduh. Di sana ga ada milo ya? hehe

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.