2nd day at Korea ^^

Setelah meluruskan badan setelah 2 hari ga ketemu kasur, tetep aja ga bisa tidur >.<. sekitar tengah malam baru bisa tidur. Pagi-pagi harus sudah bangun untuk sarapan dan sebagainya. Entah kebiasaaan atau bagaimana, setiap pergi-pergi aku selalu bangun pagi. Bahkan aku dan mama selama di Korea selalu bangun sebelum morning call. Jadi pas morning call, mama sudah mandi.

Karena malamnya nyalain AC sampai 18 derajat, pas bangun  dingin banget. Paling berasa pas keluar dari selimut >.<. Aku sampai keluar kamar tidur sambil menggulungkan diri sama selimut. Hangatnya enak hehe ^0^

Hotel dari sisi luar ^0^. Hotelnya di daerah Ganwong ^0^. Pagi-pagi udaranya masih bersih dan segar. Masih sempat foto-foto karena di tempat sarapan, tour leader dll belum sampe ^0^

Breakfastnya ga terlalu banyak pilihan >.< ambil yang paling aman aja. Dari kemarin sudah diwanti-wanti sama tour leader, kalau makanan daging olahan itu rata-rata ga halal. Aku, sih, apa aja makan :p jadi aman. Rasa makanannya standart seperti makanan olahan biasa hanya lebih berasa dagingnya.

Untuk mengambil air putih disediakan di luar restoran. Di beberapa hotel yang kudatangi di lorong hotel suka ada air isi ulang. Jadi kalau air minum habis tinggal ambil saja. Ada air panas dan dingin jadi kalau mau rebus mi juga tinggal ambil saja.

Habis makan pagi dan beres-beres. Perjalanan dilanjutkan ke Kwonkeumsung Fortress. Perjalanan menuju puncaknya menggunakan Cable car lalu dilanjutkan dengan berjalan kaki

Tempatnya sangat bertebing dan samping persis langsung jurang yang dalam >.<. Perjalanan dari rest area ke sini lumayan jauh dan jalanannya tidak licin, jadi aman untuk siapa saja. Pas ke sini kebanyakan ketemu sama orang indonesia, sampai-sampai ada bapak-bapak yang ngomong, "aduh, orang indonesia pada pindah ke sini semua nih" hehe.

Selain orang Indonesia ada banyak orang koreanya dan udah lumayan tua-tua. Berasa malu gara-gara pas naik lumayan engap juga :p.

Sepanjang daerah berbatu ini ada banyak batu-batu bersusun. Awalnya  aku iseng-iseng  susun, karena suka lihat di komik, kalau pendaki gunung suka nyusun batu pas sampai di puncak. Ga lama tour leaderku bilang "Udah make a wish?" hee, aku langsung bertanya emanknya itu ya artinya?. "Iya, nyusun batu untuk make a wish" . Langsung meniatkan diri sambil make a wish :p. Semoga terwujud. Amiiin

Perjalanan turun menuju rest area atas. Selama jalan di sana kita harus mengikuti aturan. Selalu di jalur kanan apa kiri ya? Pokoknya ga boleh bergandengan pas jalan hehehe. Pemandangannya masih asri banget ^^. Beberapa jalan diberi sol karet supaya tidak licin.

Hampir sampai rest area ^^

Awalnya aku mau yang korean hot cake tapi katanya ambilnya di lantai atas. Takut ga keburu aku beli yang bisa langsung aku ambil di sini. Pelayannya ramah banget, semyum terus ^^. Semua makanannya dihangatkan dulu baru dikasih ke customer. Aku memesan  Pretzel (3.000 won) dan Churros (2.000 won)

Masih panas. Ternyata di dalam prestzelnya ada cream cheesenya. Enaaak banget. Kalau churrosnya biasa aja, ada cinnamonnya. Aku ga begitu doyan sama cinnamon :p

Perjalanan turun menuju Shinheungsa Temple. Dari atas sudah terlihat patung buddhanya. Pas di dalam dikasih tau juga sama tour leadernya, kalau patung ini dihadiahkan raja srilangka kepada pemerintah Korea dengan doa agar Korea selatan dan Utara dapat berdamai. Makanya patung buddhanya agak tersenyum ^^

Untung datang pagi-pagi, kalau ga bisa ngantri parah >.<. Lagi banyak rombongan anak-anak muda korea.

Kita bisa kasih persembahan beras, lilin dupa di depan patung Buddhanya. Aku membeli beras dan lilin yang nantinya  diberi nama kita lalu dinyalakan di tenpat yang disediakan

Setelah puas berjalan-jalan, lanjut lagi ke daerah Pyeongchang. Sebelumnya makan siang dulu. Makan siang hari ini adalah rebusan daging B2 , seafood, berbagai sayur dan soun.

Rasanya hambar >.<. Sounnya kenyal banget. hahaha. Tapi harus makan untuk tenaga \^0^/. Kalau yang utama ga ada rasa, masakan pendamping jadi pelariannya ^^

Selesai makan, di depan restoran ada penjual makanan kecil ala korea. Bapaknya bisa ngomong bahasa indonesia ala kadarnya. Alias cuman bisa teriak, Enak, murah, 3 rebok, susu. hahaha. Ibu-ibu langsung kalap beli permennya.

Yang pakai baju kerah biru, celana hitam itu pedagangnya.

Yang pakai baju putih itu driver kita dan yang bawa tas cokelat itu tour leadernya ^^

Aku beli ini sktr 4.000 won (kalau ga salah). Pas sampai rumah, yang makan ini cuma aku saja. Rasa manisnya pas dan biji berasnya kopong dan ga garing.

Ternyata ada satu mobil lagi yang datang. Kali ini truk buah-buahan. Lama lagi hihihhi. Buah persiknya dijual 1.000 won satunya. Murahnya.

Perjalanan dilanjutkan ke Baram Village - memberi makan domba ^0^ masih daerah pegunungan.

Selain domba, di sini juga banyak kebun sayuran. Di bagian paling depan malah ada praktek membuat sabun  alami, lalu ada juga pelatihan membuat keju dan yoghurt >.< sayang ga bisa ikut karena ga masuk ke jadwal tour.

Dombanya pada kelaperan

Selesai kasih makan domba sebenarnya jadwal tour sudah selesai tinggal acara makan sore saja. Tour guidenya menawarkan naik gondola ke atas gunung lagi. Letaknya pas di hotel tempat menginap. Pas masuk pertama adalah pertemuan pertama dengan Si boneka Rilakkuma itu. Udah aku pegang-pegang, dipikir-pikir sepanjang perjalanan naik gondola. hahahah

Pas sampai atas, baterai kameraku  mau habis >.< (baterainya dipakai untuk makan-makan saja) Di atas ada rumah juga beberapa toko makanan. Ada es krim juga. Padahal dingin. haha. Di sini juga ada patung Winter Sonata. Fotonya juga ada di pintu mau ke gondola. Aku ga tau tempat ini digunakan untuk syuting adegan yang mana ^0^

Setelah turun dari gondola, naik ATV dulu. Awalnya aku ga mau naik karena belum pernah naik ,tapi lihat anak kecil aja naik, masa' aku ga berani. Putaran pertama jalannya putus-putus alias belum terbiasa naik , pas putaran kedua baru berasa enaknya dan seruuu banget. Tempat aku naik ATV itu kalau lagi musim dingin berubah menjadi arena ski. Tinggi saljunya bisa setengah meter katanya.

Puas bermain-main kita pergi makan. Makan sore kali ini rebusan juga. Isinya ikan yang dikeringkan lalu direbus bersama tahu dan daun bawang. Rasa tahunya beda karena homemade. Apalagi makanan pendampingnya juga  ada tahu homemadenya. Masih hangat ^0^

Rasanya memang agak hambar, mungkin lebih baik mengurangi konsumsi garam biar sehat hehe. Makanan pendamping yang pojok bawah sebelah kiri itu rasanya unik, Seperti cumi dipotong-potong memanjang, rasanya agak alot, ada manis-manis dan gurih-gurihnya. Pokoknya enak

Perut kenyang, sampai hotel masih sore. Beres-beres semua masih belum waktunya tidur, akhirnya jalan-jalan ke mini market saja. Beli buah persik seharga 4.000 won isi 2. Kalau belanja kita ga dikasih kantung plastik, mesti bayar. hahaha.

Sebelum ke kamar aku sudah membulatkan hati membeli boneka Rilakkuma yang pernah kubahas di postingan sebelumnya. Aku mau minta yang baru tapi sudah ga ada, jadi tinggal yang di display saja. Untung saja beli kalau sudah keduluan orang, bisa nyesel heheh :p.