Starbucks, Winter Gathering 2013



9 Januari lalu aku berkesempatan menghadiri winter gathering 2013 Starbucks.
Untuk awal tahun ini, Starbucks mengeluarkan beberapa variaan makanan dan minuman yang pas banget untuk musim dingin alias musim hujan :p. 
Produk minuman terbaru mereka kali ini bukan kopi tapi teh ^^ (Yiha). 


Ada banyak peralatan untuk minum teh ^^. Alat yang berwarna putih dengan gagang berwarna ungu adalah alat untuk memanggang teh hijau menjadi hojicha, sedangkan teko berwarna hijau itu adalah tetsubin.


Untuk lebih mengenal tentang teh, Starbucks mengundang mba Ratna untuk membagi pengetahuan tentang teh. Setelah mendengar sedikit tentang teh, kami memulai tea tasting 


Step Tea tasting
1. Melihat tampilan daun (warna, bentuk, aroma)
2. Melihat warna teh yang sudah diseduh (merah, cerah)
3. Mencium aromanya 
4. Merasakan rasa awal, di dalam mulut dan after taste.

Untuk Tea Tasting kali ini menggunakan teh Earl Grey, Teh hitam yang dicampur dengan bergamot oil (yang berasal dari kulitnya). Earl Grey merupakan teh yang dibuat khusus untuk bangsawan bernama Earl Grey. Teh ini merupakan teh campuran yang ketika diminum dan dicium, aroma dan rasanya harus seimbang dan kita masih bisa merasakan rasa tehnya.

Teh terdiri dari camelia sinensis yang terdisi dari 2, far sinensis (matcha, hojicha, Chai) dan far asamica (teh hitam).Karakternya far sinensis adalah lembut, tidak kuat dan manis. Sedangkan far asamica memiliki karakter yang asam, sedikit sepat.  

Cara penyeduhan teh sebenarnya tergantung dari jenis tehnya. Sebagai contoh: teh hitam diseduh dengan suhu tinggi (100 derajat) supaya warnanya keluar dan aromanya keluar. Sedangkan teh hijau menggunakan suhu yang tidak terlalu tinggi karena akan terlalu pahit bila menggunakan suhu tinggi.


Cangkir yang memiliki bentuk yang berpori sehingga terasa sangat enteng (Hagiyaki). Uniknya lagi semakin sering dipakai, warna luar dari cangkir ini akan menjadi semakin gelap karena tehnya 'meresap' ke cangkirnya. Mengapa bagian bawahnya sedikit 'rusak' karena pada zaman dahulu hanya raja yang boleh meminum teh dan para pedagang menggunakan cangkir yang terlihat 'rusak' agar mereka bisa meminum teh.


Genmaicha (green tea dengan beras) Hojicha (roasted green tea), Gyokuro (Teh dengan bentuk seperti jarum dan rasanya seperti kaldu), Green tea powder, Matcha. Satu lagi aku kurang tahu :p

Setelah mengenal sedikit tentang teh, sekarang mari kita mencoba beberapa produk terbaru dari Starbucks ^^.


Hojicha Tea Latte
Hojicha yang dicampur dengan susu dan sedikit foam di atas yang bisa diminum panas atau dingin. Rasanya hampir mirip dengan matcha tapi ada sedikit perbedaan yang susah dijabarkan. Tampaknya minuman ini akan jadi favoritku untuk musim hujan ini. FYI minuman ini ternyata cukup aman untuk lambung. 



Green Tea Latte with Espresso
Kalau biasanya kita mendengar mocha, alias kopi dicampur dengan cokelat, kali ini Starbucks membuat inovasi dengan mencampurkan Green Tea dengan espresso Shot. Bagaimana rasanya? Menurutku rasanya cukup unik karena rasa creamy dari matcha tetap terasa tapi ada sedikit kejutan dari espresso.

Selain kedua minuman di atas, ada Signature Hot Chocolate, Minuman coklat premium yang disteamed bersama susu dan classic syrup plus whipped cream dan cocoa powder.

Selain ketiga minuman di atas, ada juga 3 menu makanan yang bisa dinikmati dengan secangkir teh atu kopi ^^


Smoked Chicken Croissant
Roti croissant yang diisi dengan smoked chicken dan keju. Ini favoritku karena aku menyukai croissant. Croissantnya sangat lembut dan isiannya juga pas. ^^ menu ini pas untuk cemilan minum teh.

Verona Cake
Cake yang dilengkapi dengan lapisan biskuit almond, kream mentega dan biskuit rasa starbucks Coffee Verona. Kue ini sangat moist dan tidak terlalu manis. 

Tuna Cheese Whole Wheat Panini Sandwich
Sandwich dengan 2 iris panini yang diisi dengan mayonnaise, tuna mix filling, paprika dan keju. Rasa roti ini lebih dry dan padat, mayonnaisenya tidak terlalu menonjol.

Verona Cake

Tuna Cheese Whole Wheat Panini Sandwich


Untuk whole bean coffee, Starbucks mengeluarkan kopi Guatemala Casi Cielo yang artinya "almost heaven" dengan karakteristik rich dan elegant, serta citarasa smooth dan full-boodied


Beberapa tumbler dan mug terbaru. Aku paling suka yang warna pink, lucu dan warna pinknya lembut. ^^

Sekian postinganku kali ini ^^. Aku benar-benar mendapat banyak informasi tentang teh dan jadi semakin menyukai teh. Secara keseluruhan Hojicha tea latte dan smoked chicken croissant menjadi favoritk. Apalagi kalau sedang hujan rintik-rintik, rasanya pas banget
Thank you to starbucks for inviting me ^^

Starbucks Lippo Mall Kemang
eXion Mall Area Debenhams
Jl Pangeran Antasari no 36, Cipete
@SbuxIndonesia

5 komentar:

  1. Tikka kok sering banget jadi yang pertama review produk-produknya Sbux yah? Apakah Tikka ini brand ambassador-nya Sbux atau sekedar simpatisan favoritnya manajemen MAP yang ngurusin Sbux? :D

    BalasHapus
  2. hhehehee, aku cuma kebetulan diundang aja sebagai foodblogger heheheh :p

    BalasHapus
  3. aku penasaran sama Hojicha nya.

    BalasHapus
  4. nice post :) yummmy it's delicious

    BalasHapus
  5. Pantesan enak dan harganya mahal...they really take tea and coffee seriously...

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.