[KOREA] Day 1 : Jkt-Korea (Seoul)- Korea (Jeju)

Yeah, sebenarnya agak bingung sih mau cerita dari mana dulu. Tapi sepertinya aku mau bahas day perday aja. Soalnya aku mau sebagai record aja, kalau sekali-kali pengen baca aja di blog.

Perjalanan dimulai dari tanggal 2 Juli 2016 jam 6 sore. Karena aku ikut tour dan mesti kumpul jam setengah 9 di dunkin donat terminal 2 D. Penerbangan kita jam 23.45 dengan Asiana Airlines.

Perjalanan ke bandara ternyata lancar dan sudah sampe sebelum waktu yang dijanjikan, bajkan sempet nyemil dulu di Old Town White Coffee. Makanan yang ada juga tinggal sedikit, agak lama juga pelayanannya.

Sekeluarga pesen butter rice dengan chicken chop kalau ga salah. Total kerusakan 4 porsi ini sama 2 teh adalah 300 ribu lebih, hampir 400 kalau ga salah.

Selesai makan masih ada waktu dan aku iseng pasang nail sticker dulu. Lalu perjalanan menuju Korea selama kurang lebih 7 jam dimulai. Untuk review airlinesnya bisa dicek di sini

Habis ambil bagasi Langsung dijemput sama tour guide local yang lancar banget bahasa indonesianya. Yang ternyata dia belajar bahasa indonesia di Jogya *cuma 7 bulan

Perjalanan dimulai

Pemberhentian pertama, kami melewati blue house cuma sepersekian detik, sampe ga sempet foto heheheh. Katanya bus ga boleh parkir di depan sini, terus ga boleh video juga. Katanya takut dimata-matain dan sekitar situ juga ada banyak polisi yang berjaga-jaga.

Ga jauh dari sana, kita langsung menuju National Folk Museum. Di bagian dalam dijelasin sedikit tentang budaya korea dari kelahiran sampai meninggal.

Foto di atas adalah dukun wanita. Jadi kalau ada yang sakit, sudah dibawa ke tabib tidak sembuh, mereka biasanya akan memanggil dukun, karena dikiranya kemasukan hantu.

Selesai dari situ langsung menuju Gyeongbok Palace yang letaknya masih satu tempat dengan National Folk Museum. Daerahnya masih asri banget dan banyak pohon. Cuaca juga lagi mendung jadi adem dhe. ^^

Kelihatannya sepi

Ternyata pada ngumpul di sini semua orangnya. Pas ke sini juga banyak orang korea yang pakai Hanbok.

Tapi tiba-tiba sepi

Nuansa jaman dulu di tengah kota

Kita cuma dikasih waktu selama 15 menit di sini. Cuma muter-muter bentar terus langsung pergi ke tempat makan Makanan pertama di Korea, SAMGYETANG, makanan khas Korea yang biasa dimakan pas musim panas. Di dalamnya terdapat gingseng, dates dan nasi.

Side Dish

Cara makannya adalah, daging ayam utuhnya dibelah dua kemudian ditambahkan mie dan selamat makan ^^.

Rasa kaldunya tdak terlalu gurih malah lebih hambar, biar ada rasa makannya sambil makan kimchi dan lobak.

Habis itu langsung menuju Bandara Domestik Gimpo untuk menuju Pulau Jeju. Agak ribet sebenernya di dalem karena tempatnya agak kecil dan orang-orang banyak banget yang lalu lalang, entah group tour atau orang lokal.

Di sini kita tidak melewati imigrasi, jadi cuma check in, masukin bagasi, check hand carry dan selesai. Di dalam sini juga ada seven eleven (kalau misalnya mau ngemil)

Banyak penerbangan delay karena hujan

Penerbanganku sih ga delay tapi delaynya pas sudah masuk dan duduk manis di pesawat. Awalnya bilang delay satu jam. Terus tiba-tiba nambah lagi dan akhirnya setelah 2 jam di dalam pesawat, kita jalan juga. Semua karena di Jeju lagi ujan dan angin jadi tidak memungkinkan untuk terbang,

Sampe di Jeju, kami disambut cuaca mendung dan sedikit berangin. Dingiiin.
Seharusnya kita sempet mampir ke Jalan Hantu/ Mysterious Road dan Dragon Head Rock tapi karena delay dan hotel kita sekitar 1,5 jam-2 jam jadi dipindahin ke lain hari.

Selama di Jeju dapet busnya enak dan kursinya luas, ada pijakan kaki juga seperti kursi santai

Kita langsung makan, katanya ini Korean Traditional Food, ada soup ada daging dkk. Katanya biasanya mereka makan ini kalau ada acara-acara penting, misalnya ngenalin pacar ke orang tua. Katanya gitu *Ini kata tour leaderku.

Entah kelaperan atau emank doyan, aku lahap banget makan di sini. Kayaknya semua paduan makanannya enak. Kimchinya, perilla leaf dengan saus, ssamjang-nya, asinan lobaknya, ikan, daging babi rebusnya semua enaak.

Daging babinya sebenarnya ga ada rasanya cuma, ssamjang-nya juara. Pas masuk ke mulut, rasa asinnya seperti meledak dalam mulut *Aku doyan asin. Semua makanan sampe side dishnya ludes semua.

Abis itu memulai perjalanan ke Hotel. Jalanannya berkabut parah dan jarak pandangnya juga pendek banget. Bus juga ga bisa kenceng-kenceng jalannya.

Akhirnyaa sampe di Hotel, sekitaran hotel sepiii dan berkabut, tapi ga dingin. Aku akan 2 malam menginap di sini, Ramada Encore

Pemandangan dari kamar

Jalanan depan hotel

Di lantai bawah ada sevel dan langsung nyoba Banana Milk ^^ harganya sekitar 1.200 won satunya. ADa 4 rasa : banana, melon, light dan coffee. Sebenarnya aku jajan yang lain juga hehehe :p

Waktunya istirahaat karena besok bakal padet jadwalnya ^^